tayang 15/07/2020

Waduh, Penghuni Lapas Sumbawa ‘OverLoad’

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Kepala Rutan Lapas Kelas II Sumbawa Dr H Lalu Jumaidi menyatakan daya tampung penghuni warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II Sumbawa saat ini ‘Overload’.
“Jumlah penghuni baik sebagai narapidana (Napi) maupun tahanan saat ini tercatat sebanyak 541 orang dari kapasitas yang tersedia sebanyak 250 orang,” ujarnya.
Begitu juga soal anggaran, sambung Jumaidi, masih sangat minim. Rasio 541 orang untuk anggaran kesehatan membeli obat untuk satu tahun itu hanya 0,0 sekian rupiah per orang setahun.
“Namun secara umum kondisi kesehatan warga binaan cukup baik, kami juga bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit dan Puskesmas,” katanya.
Kendati anggaran minim, kata Jumaidi, tidak membuat ‘kendor’ program pembinaan mental, kesehatan dan ketrampilan bagi para warga binaan.
Lebih jauh dikatakan, untuk menciptakan kawasan Lapas Sumbawa ‘bersih’ dari segala hal, pihaknya  telah mencanangkan “Zona Bebas Halinar” (Hand Phone, Pungli dan Narkoba) belum lama ini.
Semua jenis pelayanan di Lapas Sumbawa itu semuanya gratis tidak dipungut biaya, baik itu pelayanan untuk warga binaan dan keluarganya.
“Kami sudah lengkapi dengan sarana dan fasilitas baik itu ruang pelayanan, pendaftaran kunjungan, ruang kunjungan dan sebagainya,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini