tayang 15/07/2020

Wabup Instruksikan Kurangi Penggunaan Air Gelas Mineral dalam Rapat

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Hampir setiap pelaksanaan rapat atau pertemuan lainnya pada kantor Pemerintahan di Kabupaten Sumbawa, masih mengkonsumsi air gelas mineral berbahan plastik. Itu dilakukan dalam upaya mendukung program Zero Waste. Sehingga Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah menginstruksikan jajarannya untuk mengurangi penggunaan air gelas mineral dalam tiap pertemuan.
‘’Saya harapkan juga jangan lagi kita kalau rapat itu memakai gelas air mineral. Ini juga mendukung program zero waste,’’ kata Haji Mo – sapaan akrab Wabup.
Untuk itu, Wabup menginstruksikan jajarannya untuk mulai membiasakan diri menggunakan gelas dari tanah liat atau kaca, untuk mengurangi sampah plastik. ‘’Tidak hanya di kantor Bupati, tapi di gedung Dewan juga saya harapkan bisa demikian. Coba dari diri kita dulu, baru masyarakat akan meniru kita. Kurangi sampah plastik itu penting,’’ tukasnya.
Menurutnya, di beberapa daerah sudah mulai meninggalkan penggunaan gelas plastik dalam rapat. Hal itu dinilai sangat positif dalam menjaga kebersihan. ‘’Kita lihat saja di kantor Gubernur, itu mereka tidak lagi pakai gelar air mineral. Tapi pakai gelas dari tanah liat, juga pakai kendi. Jadi tidak lagi mereka pakai air mineral. Kalau kita tidak bisa pakai itu, paling tidak pakai gelas (Kaca). Ini langkah-langkah inovasi kita, kecil tapi dampaknya yang kita harapkan,’’ tegasnya Wabup.
Bahkan para karyawan, lanjut Wabup, sudah mulai membawa botol air khusus dari rumah masing-masing.
‘’Di daerah lain sekarang sudah mulai membawa botol air dari rumah. Setiap pegawai juga tidak malu membawa tumbler itu. Jadi di kantor hanya disiapkan galonnya saja, kita tinggal mengisi disitu. Ini juga merubah prilaku kita secara pelan-pelan. Kecil yang dilakukan, tapi dampaknya sangat besar,’’ pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini