GOR Bertaraf Internasional Sumbawa Dibangun Tahun 2020

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Kabupaten Sumbawa mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sub bidang olahraga tahun 2020 dari Pemerintah Pusat. Anggaran tersebut bakal digunakan untuk membangun Gedung Olah Raga (GOR) baru yang berstandar internasional.
‘’Kita sudah di approve oleh Kementerian Pemuda Olahraga, Bappenas, dan Kementerian Keuangan melalui Krisna untuk DAK fisik sub bidang olahraga. Khususnya untuk pembangunan GOR. Itu nanti dibangun atau DAK itu dialokasikan pada tahun 2020,’’ terang Plt Kepala Dinas Pemudah Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa – H Iskandar D kepada wartawan.
Diungkapkan, Pusat menyediakan alokasi anggara sebesar Rp 15 miliar. Namun Kabupaten Sumbawa hanya mendapat sekitar Rp 14 miliar lebih. Karena indeks kemahalan suatu daerah yang dimiliki Sumbawa dibawah 100.
‘’Jadi kita akhirnya karena indeks kemahalan Kabupaten Sumbawa kurang dari 100, maka kurang sedikit dari 15 miliar itu akan kita dapat,’’ tuturnya.
Anggaran tersebut akan dialokasikan pada tahun 2020 dengan sistem pendistribusian alokasi DAK sesuai dengan pedoman yang diterbitkan Kementerian Keuangan.
‘’Sampai sekarang pedoman operasional petunjuk khusus itu belum kita terima. Tapi yang saya bisa katakan, sudah pasti kita bisa dapat sekitar 14 miliar lebih, atau mendekati 15 miliar. Yang 14 miliar lebih itu untuk pembangunan gedung dan sarana olahraga,’’ ungkap Ande – sapaan akrabnya.
Sesuai ketetapan Pusat, GOR baru ini nanti peruntukkannya untuk beberapa cabor, seperti bulutangkis, takraw, voli, basket, futsal. Tapi dalam pedomannya juga bisa dimanfaatkan untuk event olahraga lain, sepanjang memenuhi persyaratan minimal.
‘’Jadi kualifikasi, sarana, prasarana, ukuran lapangannya itu sesuai internasional. Kemudian akan dilengkapi dengan tribun dan sarana olahraga lainnya. Kemudian didukung juga oleh ruang terbuka yang ada disekitarnya, seperti ruang parkir, dan lainnya,’’ pungkasnya. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini