TNI Siap Mengawal Pembangunan di NTB

Sebarkan:

Mataram, KA.
Komandan Korem 162/Wira Bhakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani menegaskan, TNI siap mengawal pembangunan dan mengabdikan diri kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat.
"TNI siap berbuat yang terbaik dan berbakti untuk NTB," ujar Danrem di sela-sela peringatan HIT TNI Ke 74 di Halaman Kantor Gubernur NTB di Mataram, Sabtu.
Danrem menilai, TNI tidak bisa kuat tanpa dukungan masyarakat. Karena, bagaimanapun masyarakat adalah ibu kandung TNI.
"Pesan saya berbuatlah yang terbaik untuk masyarakat karena masyarakat adalah ibu kandung TNI. Kami yakin masyarakat akan lebih mencintai TNI apabila TNI berbuat yang terbaik untuk masyarakat," tegasnya.
Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Upacara Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani menegaskan TNI sebagai alat negara memiliki tugas yang tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks dengan menciptakan dimensi dan metode peperangan baru.
Menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI.
Dalam rangka pembangunan kekuatan TNI, lanjutnya, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018 - 2019 yakni pembentukan Divisi Infanteri-3/ Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir pada tanggal 11 Mei 2018, pembentukan Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna pada tanggal 18 Desember 2018 sebagai pangkalan aju bagi unsur-unsur TNI yang beroperasi di wilayah utara Indonesia, pembentukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI pada tanggal 30 Juli 2019 untuk menyelenggarakan operasi khusus guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah NKRI.
Selain itu, lanjut Danrem, TNI juga membentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II dan III pada tanggal 27 September 2019 untuk 8 menyelenggarakan kampanye militer, operasi gabungan dan operasi lainnya dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI.
Adapun beberapa penekanan Panglima TNI sebagai pedoman bagi seluruh Prajurit dan PNS TNI yakni meminta prajurit memperkokoh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah.
Selanjutnya, tingkatkan soliditas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.
"Agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya.
Panglima juga meminta para prajuri untuk meningkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks.
"Sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif, dan Kelima, jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini," katanya.
Peringatan HUT TNI ke 74 tahun di Kota Mataram, NTB berlangsung sederhana, khidmat dan meriah di Kota Mataram. Upacara peringatan HUT TNI ke 74 itu diikuti seluruh personel TNI di NTB baik darat, laut dan udara, personel Polri serta PNS jajaran TNI. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani di halaman Kantor Gubernur NTB.
Usai menggelar upacara peringatan HUT TNI di Mataram, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah oleh para stakeholders NTB kepada para pemenang lomba media dalam pemberitaan tentang TNI di wilayah Provinsi NTB baik online, cetak maupun elektronik, lomba terbaik aplikator/pokmas/fasilitator/, lomba OPD yang bekerjasama dengan TNI, lomba desa/lurah/kecamatan dan kabupaten/kota terbaik, lomba Babinsa/Koramil/Kodim dan lomba Babinkamtibmas/Polsek dan Polres terbaik.
Acara dilanjutkan dengan drama kolosal dengan menampilkan para Babinsa dalam proses penanganan bencana alam gempa bumi mulai mitigasi, penanganan tanggap darurat, tahap pemulihan hingga proses rehab rekons pasca bencana.
Peringatan HUT TNI ke 74 mengangkat tema "TNI Profesional Kebanggaan Rakyat" dihadiri Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana, Kabinda NTB H. Tarwo Soetarwo, Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Dados Raino, Danlanal ZAM Rembiga Kolonel Nav Budi Handoyo, Dandim 1606/Lobar Kolonel Czi Efrijon Kroll, Kasrem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori, para pejabat TNI di NTB baik darat, laut dan udara, Forkopimda NTB, Forkopimda Kabupaten/Kota se Pulau Lombok, para Purnawirawan, ibu-ibu Dharma Pertiwi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(KA-ant)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini