tayang 15/07/2020

Dana Desa Kabupaten Sumbawa Meningkat di Tahun 2020

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Kabupaten Sumbawa bakal mendapatkan peningkatan besaran dana desa (DD) dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana tahun 2019 DD yang diterima sebesar Rp 144 miliar, sementara pada 2020 mendatang meningkat menjadi Rp 148,33 miliar.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa - Varian Bintoro, didampingi Kasi Pengelolaan Keuangan Desa Ibrahim kepada wartawan Rabu (16/10), menjelaskan, alokasi DD tahun 2020 mengalami perubahan, yang sebelumnya ada tiga kategori dana desa yakni alokasi dasar, afirmasi dan alokasi formula. Kini ditambah dengan alokasi kinerja.
‘’Kinerja Pemerintah Desa menentukan terkait dengan besaran mereka mendapatan alokasi. Yang mendapat alokasi kinerja itu direngking oleh Pemerintah Pusat dengan empat indikator yakni pengelolaan keuangan desa, prioritas penggunaan dana desa, publikasi termasuk rasio Pendapatan Asli Desa dengan pendapatan yang tertuang dalam APBDes. Itu menjadi penentu desa memperolah alokasi kinerja,’’ terangnya.
Diungkapkan, untuk tahun 2020, Desa Batu Rotok Kecamatan Batulanteh mendapatakan DD tertinggi yakini sebesar Rp 1,6 miliar. Besarnya anggaran yang diterima Desa Batu Rotok ini lantaran mendapat alokasi kinerja sebanyak Rp 148 juta. Karena Batu Rotok masuk dalam kategori Indeks Desa Membangun (IDM) dari desa tertinggal menjadi desa maju.
Sementara Desa Pungka Kecamatan Unter Iwis mendapat besaran DD terendah yakni Rp 743 juta. ‘’Dana Desa yang paling kecil ada di Desa Pungka, kerena ada perubahan status desa yakni berkurangnya angka kemiskinan. Berkurangnya angka kemiskinan juga mempengaruhi Desa mendapatkan dana desa,’’ pungkasnya. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini