SPBU BBM Satu Harga di Labangka Diresmikan

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA
SPBU Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa diresmikan sebagai Penyalur BBM Satu Harga bersama 5 SPBU di 4 Kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Asmat, Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Sula oleh Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, Ph.D., di TBBM Gunungsitoli, Humene, Kota Gunungsitoli pada Kamis (26/9/2019).
Turut hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Sumbawa yang diwakili Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM., bersama Bupati Nias Selatan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Gunungsitoli dan para perwakilan Pemda serta Direktur BBM BPH Migas, Fungsional Utama Balai Geologi ESDM Provinsi Sumatera Utara, Danlanal dan Forkopimda Kabupaten Nias Selatan.
Wamen ESDM, Arcandra Tahar dalam sambutannya menguraikan bahwa BBM Satu Harga sesuai dengan amanat Presiden Jokowi yang mencanangkan membangun Indonesia dari pinggiran. Salah satu tantangan membangun dari pinggiran adalah penyediaan sumber energi yang terjangkau bagi seluruh masyarakat, salah satunya adalah BBM. Untuk penyediaan BBM, maka Kementerian ESDM mencanangkan BBM Satu Harga dimana harga BBM di setiap daerah adalah sama dengan yang ada di daerah lainnya.
“Pada hari ini, kita bersyukur bertambah lagi 6 lokasi, yang nantinya sebagaimana dilaporkan oleh Direktur BBM, total yang akan dan sedang dibangun sebanyak 170 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga di seluruh Indonesia,” jelas Wamen.
Sebelumnya, Direktur BBM BPH Migas, Patuan Alfon S, melaporkan bahwa lokasi peresmian BBM Satu Harga adalah lokasi yang ke 152 sampai 157, yaitu 2 lokasi berada di Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, 1 lokasi di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB, 1 lokasi di Kabupaten Asmat Provinsi Papua, 1 lokasi di Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku, dan 1 lokasi di Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku Utara.
Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa yang hadir mewakili Bupati Sumbawa mengatakan bahwa yang diresmikan oleh Wamen ESDM bersama 5 lokasi lainnya adalah SPBU Satu Harga di Kecamatan Labangka yang merupakan SPBU milik PT. Tanjung Biru Lestari untuk mengcover kebutuhan BBM di Kecamatan Labangka dan sekitarnya. Sebelumnya telah diresmikan 3 SPBU Penyalur BBM Satu Harga di Kabupaten Sumbawa, yaitu SPBU Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu yang dibangun oleh PT. Ratna Oil, SPBU Labuhan Badas yang dibangun oleh PT. Raffa Cahaya Gas, dan SPBU Lunyuk yang dibangun oleh PT. Maope Sinergi Jaya.
Lebih lanjut, Sekda mengatakan bahwa untuk perijinan SPBU Labangka baik IMB maupun ijin lingkungannya sudah diselesaikan dan sudah mulai beroperasi dengan menggunakan ijin operasional sementara sejak bulan Mei 2019. Adapun kapasitas Premium, Pertalite dan Solar masing-masing 30 Kl.
“Sampai saat ini pun Bupati Sumbawa terus berupaya dan mengusulkan pembangunan lokasi penyalur BBM Satu Harga di beberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa,” kata Sekda.
Lokasi yang diusulkan oleh Bupati Sumbawa kepada Kepala BPH Migas Republik Indonesia antara lain Kecamatan Rhee, Orong Telu, Batu Lanteh, Ropang, Lantung, Labuhan Badas (wilayah pulau berpenghuni), Alas (wilayah pulau berpenghuni), Empang, Tarano dan Moyo Utara. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini