tayang 15/07/2020

Selamat, Pimpinan DPRD Sumbawa Resmi Dilantik

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Sebanyak empat Pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa akhirnya dilantik, dalam rapat paripurna pengucapan sumpah/janji Pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa masa jabatan 2019/2024 yang dilaksanakan pada, Kamis (26/9/2019).
Mereka adalah Abdul Rafig (PDIP) sebagai Ketua, dan tiga lain sebagai Wakil Ketua yakni Mohamad Ansori (Gerindra), Syamsul Fikri AR (Domokrat) dan Nanang Nasirudin (PKS).
Pengambilan sumpah/janji mereka dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa, Toniwidjaya Hansberd Hilly SH berdasarkan surat keputusan Gubernur NTB Nomor 171.2-691 tahun 2019 tentang peresmian pangangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa masa jabatan 2019/2024, yang ditetapkan pada 19 September 2019.
Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq mengatakan, setelah pelantikan pimpinan definitive, masih banyak agenda-agenda penting lainnya yang harus segera diselesaikan, salah satunya pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang direncakan akan tuntas dalam beberapa hari kedepan. Bahkan yang tidak kalah penting adalah pembahasan APBD Kabupaten Sumbawa tahun 2020.
Pada kesempatan itu, Rafiq berterima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa. Tanpa dukungan semua pihak dan tanpa kemitraan yang baik antaran Dewan dan Pemerintah maka tugas wakil rakyat tidak akan berjalan dengan baik.
‘’Karena kami yakin bahwa apa yang menjadi tugas kami selaku anggota Dewan, tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan semua pihak dan tanpa kemitraan yang baik antara DPRD dan Pemerintah Daerah dalam mengemban amanat rakyat,’’ tuturnya.
Diungkapkan, sebelumnya Dewan telah menyelesaikan dan menetapkan Teta Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Sumbawa yang merupakan acuan dan pedoman bagi Anggota Dewan dalam menjalankan tugasnya.
Untuk itu, ia menghimbau kepada seluruh Anggota agar dapat menjalankan serta mematuhi seluruh peraturan yang ada dalam Tatib terutama dalam hal konsistensi waktu rapat.
‘’Oleh karena itu kepada Anggota Dewan mari kita bekerja dengan baik, ikhlas, tulus dan sabar. Semoga apa yang kita kerjakan menjadi amal bagi kita,’’ harapnya.
Sementara, Bupati Sumbawa - HM. Husni Djibril menyatakan, hubungan antara Pemda selaku eksekutif dan DPRD selaku legislatif merupakan hubungan kerja yang setara dan bersifat kemitraan. Sehingga berharap antara kedua lembaga ini dapat saling membangun suatu hubungan kerja yang sinergi, saling mendukung, serasi dan tidak saling mendominasi satu sama lain dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing.
Bupati mengaku yakin dan percaya, dibawah kepemimpinan yang baru ini, akan membawa angin segar perubahan terhadap kinerja DPRD Kabupaten Sumbawa untuk bersama-sama dengan Pemda Sumbawa, dapat membawa masyarakat dan daerah ini menuju kemajuan sebagaimana yang dicita-citakan.
’’Mudah-mudahan figur yang dilantik ini, memberikan secercah harapan. Cahaya di ujung terowongan kelihatan terang benderang jika kita memaknai amanah dengan baik dan benar. Siapa yang mampu memaknai amanah ini dengan baik dan benar, Insya Allah akan mendatangkan keberkahan buat kita semua,’’ demikian Bupati. (KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini